Investasi waralaba Yang Menjanjikan


Waralaba adalah usaha usaha usaha yang dijalankan dengan menggunakan merek dan sistem yang dimiliki oleh franchisor dengan ketentuan serta persyaratan yang disetujui oleh kedua belah pihak (franchisor dan pengusaha waralaba). Misalnya saya adalah pendiri sebuah usaha keripik daun katuk denagn merek “kerupuk katuk”, dan saya membuka peluang usaha waralaba terhadap produk yang saya produksi dan jual. Jadi semua orang bisa membuka usaha kerupuk katuk dan menggunakan merek dagang yang saya miliki dengan syarat dia membayar uang iuran sesuai yang saya syaratkan.

Usaha waralaba ini lebih menjanjikan daripada mendirikan usaha sendiri dari titik nol. Dengan ber-waralaba promosi menjadi lebih gampang sebab merek yang kita jual sudah dikenal masyarakat banyak, tidak lagi makan waktu dan biaya untuk membangun sistem sebab sistem yang dijalankan sudah dirancang oleh si pemilik merek (franchisor), dan biasanya sistem itu sudah teruji. Sangat hemat biaya promosi karena merek barang atau jawa yang akan kita distribusikan sudah dikenal luas. Jika kita membuka usaha sendiri dari titik nol sudah pasti akan butuh banyak biaya untuk melakukan promosi, butuh uji coba berulang kali (trial error) untuk mendapatkan sistem yang tepat untuk usaha yang baru kita bangun dan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Waralaba memang salah satu investasi yang menjanjikan, namun jangan salah pilih usaha waralaba yang tepat dijalankan di daerah anda. Jika anda salah dalam memilih waralaba ini dipastikan titik pulang pokok akan sanagat lama bahkan bisa merugi selamanya. Misalnya, anda membuka usaha waralaba KFC di daerah pedesaan, sudah pasti anda akan gagal dan tidak mampu membayar biaya franchise.

Agar usaha waralaba yang kita pilih benar-benar bisa menjanjikan maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih investasi waralaba yang tepat, diantaranya;
  1. Besaran modal, sesuaikan modal anda dengan investasi waralaba yang akan anda buka, sebab ditengah jalan pasti akan ditemukan kendala-kendala dan untuk menyelesaikan kendala itu dibutuhkan biaya.
  2. Pilihlah waralaba yang memiliki aturan jelas dalam hal pembatasan jumlah franchise, jika si franchisor membuka peluang sebesar-besarnya bagi semua orang untuk membeli waralaba yang ia tawarkan maka jangan beli waralaba ini. Sebab budaya bangsa kita adalah budaya ikut-ikutan, ketika mereka melihat usaha waralaba anda laris maka dia juga akan membeli usaha waralaba yang sama.
  3. Usaha waralaba yang paling menjanjikan adalah usaha waralaba yang mengakar pada budaya dalam negeri. Contohnya waralaba “dawet ayu” es dawet sudah dikenal oleh masyarakat kita dari jaman dahulu kala dan tidak pernah ada bosan dalam mengkonsumsinya.
  4. Jangan investasi pada waralaba yang baru terkenal dengan produk bukan budaya masyarakat kita. Biasanya usaha waralaba dari luar yang cepat booming juga akan cepat dilupakan. Contohnya “mie dingin korea” cepat sekali dibosani masyarakat kita.

Waralaba yang baru buka di tahun 2013 ini sekalipun bisa saja termasuk investasi yang menjanjikan, asalkan waralaba tersebut memang sudah menjadi budaya msyarakat. Jika anda ingin menjadi seorang franchisor dan menjual merek anda dengan sistem waralaba nilailah terlebih dahulu apakah produk anda sudah menjadi budaya masyarakat? Semoga artikel singkat ini membantu anda dalam memilih peluang investasi waralaba yang tepat untuk dijalankan.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

No comments:

Post a Comment