Pinjam Uang di Bank atau Finance?


Dalam meminjam uang untuk modal usaha ataupun pembiayaan perlu dicermati tempat minjamnya. Salah-salah minjam bisa saja semua aset yang kita miliki hilang atau tergadai. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat meminjam uang di bank, terutama terkait kemampuan kita membayar serta plafond yang kita ajukan.
ilustrasi pinjaman bank dan finance untuk modal usaha

Jika kita memiliki gaji 3 juta perbulan, kira-kira berapakah uang yang layak kita pinjam? Berdasarka tingkat bunga sekarang diatas 10% maka seorang pegawai bergaji 3 juta hanya layak meminjam uang maksimal sekitr 70 juta dengan masa angsuran sekitar 60 bulan. Plafond 70 juta, maka si pegawai diharuskan mengeluarkan gaji sebagai angsuran sekitar 1,7 juta per bulan. Dengan demikian si debitur masih tetap menerima gaji perbulan sekitar 1,3 juta perbulan.

Perkiraan diatas berlaku bila kita pinjam uang di bank, berbeda halnya bila kita meminjam uang di perusahaan finance atau Perusahaan non perbankan. Sebahagian besar (secara umum) tingkat bunga yang ditawarkan oleh perusahaan finance diatas 12 % / tahun. Ini artinya besar pinjaman di finance akan lebih kecil bila dibandingkan di perbankan dengan besar gaji yang sama.

Bila kita pegawai dengan gaji pokok 3 juta per bulan maka maksimal pinjaman di finance disarankan hanya sekitar 50 juta dengan masa angsuran 60 bulan (5 tahun). Setiap bulannya kita harus menyisihkan gaji sebesar 1,5 Juta untuk membayar angsuran pinjaman. Dengan demikian setiap bulannya kita masih bisa menerima gaji pokok sebesar 1,5 juta.

Bedasarkan harga-harga bahan pokok saat ini, maka seorang pegawai dengan keluarga kecil (3 orang/ 1 istria dan 1 anak) masih bisa hidup standar dengan biaya bulanan sebesar 1,5 juta. Perlu kita ketahui bahwa standar minimal tersebut berdasarkan pengeluaran untuk biaya-biaya untuk membeli kebutuhan pokok selama sebulan saja.

Terus mangapa masih ada orang yang lebih suka meminjam uang di fiance dibandingkan di Bank? Hal ini karena proses meminjam di perusahaan non bank lebih mudah dan lebih cepat. Dalam sehari urusan pinjam-meminjam bisa diselesaikan (1 hari cair). Selain itu banyak bank yang tidak menerima pengajuan kredit tanpa agunan dari karyawan swasta apalagi buruh.

Itulah beberapa perbandingan antara meminjam uang di Bank dengan di perusahaan non perbankan (finance). Semuanya tentu sudah diatur secara resmi dalam undang-undang. Terkait kelegalan sudah tidak diragukan lagi antara keduanya. Semoga tulisan singkat ini memberi manfaat….


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

1 comment: