Ayo Investasi Emas Mumpung Harga Turun


Sudah beberapa minggu ini harga emas menjadi tpok pembicaraan para pegawai negeri di kantor-kantor, apalagi bulan ini keluar gaji 13, semua pada sibuk memikirkan untuk membeli emas selagi harganya turun. Secara matematika sederhana investasi emas memang sangat menjanjikan, coba anda ingat-ingat 10 tahun yang lalu harga emas per gram mungkin hanya Rp. 100 ribu / gram. Tapi lihat sekarang harga emas mencapai 400-an ribu / gramnya. Ini berarti dalam kurun 10 tahun kenaikan harga emas mencapai 300% berarti dalam setahunnya kenaikan sekitar 30%. Secara ilmu portfolio investasi keuntungan 30% setahun bisa dikategorikan investasi yang menguntungkan, selain itu investasi emas adalah investasi paling aman bila dibandingkan dengan investasi lainnya.

Jenis investasi emas manakah yang paling menguntungkan? Maka jawabannya dalah investasi emas batangan, sebab emas batangan harganya lebih murah dari emas perhiasan. Emas perhiasan harganya menjadi lebih mahal karena ditambahkan dengan biaya pembuatan (pengrajin). Selain itu harga jual emas batangan cenderung lebih baik daripada harga emas perhiasan (silahkan dibuktikan sendiri). Sisi keamanan investasi emas terletak pada nilai yang hampir tidak bisa turun, emas dari masa ke masa beratnya akan tetap  terutama emas batangan, beda halnya dengan emas perhiasan beratnya bisa turun karena proses pemakaian. Emas perhiasan membutuhkan perawatan seperti pencucian atau penyepuhan dan lainnya, sedangkan emas batangan hal itu tidak diperlukan karena emas batangan hanya untuk desimpan. Sisi kenyamanan investasi emas juga bisa ditinjau secara syariah, menurut fatwa MUI investasi emas batangan adalah usaha yang dibolehkan.

Apakah ada jaminan harga emas akan selalu naik? Jika ditinjau secara jangak panjang sudah pasti, dari sejarah harga emas hal itu dapat dilihat dengan jelas. Jika anda melihatnya dalam jangka pendek maka hal itu belum pasti, sebab bulan depan bisa jadi harga emas per gramnya lebih murah dari bulan ini. coba saja lihat harga emas bulan maret dan bandingkan dengan harga emas bulan juni 2013, pasti terlihat penurunan harga yang cukup drastis. Jadi jika anda bertujuan investasi jangka pendek sebaiknya jangan memilih investasi emas batangan atau perhiasan, tapi pilihlah investasi index harga emas, dimana harga emas naik turun bisa menguntukngan anda sebagai investor.

Investasi index harga emas bisa menguntungkan investor ketika harga emas naik contohnya; saat ini anda membeli index harga emas di kisaran USD 984.10 empat jam yang akan datang harga emas bisa saja berubah menjadi USD 983.10 jika anda menjual index yang anda beli sebelumnya berarti anda mendapat keuntungan 100 poin. Contoh investasi index emas menguntungkan disaat harga turun, saat ini anda mengambil posisi sell untuk indek emas di harga USD 984.10 3 jam berikutnya bisa jadi harga turun lagi menjadi USD 974.10 membeli indeks emas disaat ini dari hasil sell anda 3 jam yang lalu berarti anda mendapat keuntungan 100 point dari trading emas ini. Investasi indeks emas ini bisa dilakukan dengan sistem investasi emas online dan sering juga disebut dengan investasi emas berjangka.

Investasi emas batangan, perhiasan ataupun indek emas semuanya bisa menguntungkan asalkan anda mengetahui persis karakteristik dari semua jenis investasi tersebut. Di saat harga emas turun seperti saat ini menurut saya alangkah baiknya membeli emas batangan atau perhiasan sebagai tabungan investasi. Investasi dengan emas batangan dapat anda lakukan dengan membelinya langsung di Antam, pegadaian atau toko emas yang memang menjual emas batangan atau koin.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

No comments:

Post a Comment