Monday, June 10, 2013

Jenis Investasi Aman dan Menguntungkan

Membangun jenis investasi yang aman dan menguntungkan tentu saja akan mejadi impian setiap orang, apalagi investasi tersebut dapat dinikmati dalam jangka panjang hingga hari tua. Memilih bisnis investasi yang tepat bukanlah perkara mudah, apalagi jika investasi tersebut memiliki resiko kerugian yang tinggi. Umumnya investasi resiko tinggi mampu menghasilkan dan menguntungkan dalam waktu cepat, dan investasi dengan resiko rendah (aman) adalah investasi yang taking profitnya lambat. Itu semua tergantung kepada kita dalam memilih jenis investasi yang cocok.

Jenis investasi yang aman dan menguntungkan salah satunya adalah investasi emas dan real saham. Investasi emas yang saya maksudkan adalah membeli emas (dalam bentuk barang) bukan indeks emas. Emas yang paling aman bisa dibeli di Antam (aneka tambang) karena emas di antam semuanya dijamin dengan sertifikat. kekurangan membeli emas di antam yang paling terasa bagi masyarakat adalah berat emas yang dijual, dimana berat emas yang dapat dibeli di antam minimal 1 ons. Dengan berat demikian tentu saja harganya cukup mahal. Selain itu emas di antam untuk ukuran terkecil sering kehabisan stok.

Ivestasi saham yang aman maksud saya adalah membeli saham real dari sebuah perusahaan seperti saham Indofood, saham Mandiri, dan saham Astra. Bukan membeli index saham yang banyak ditradingkand anditawarkan para broker. Pengasilan dari saham real adalah dari deviden saham tersebut (dari keuntungan perusahaan) sedangkan keuntungan atau pendapatan dari indeks saham bisa didapatkan ketika harga saham naik maupun turun. Index saham berbeda dengan saham, saham dihitung dengan satuan lembar sedangkan index saham dihitung dengan satuan poin (PIP). Bisnis investasi index saham sama saja dengan trading forex.

Apapun iming-iming dan impian yang sering dipromosikan oleh para broker saham sebaiknya anda berhati-hati dalam membelinya, sebab untuk saham perusahaan tidak akan dijual dari broker (brokered). Investasi yang ditawarkan oleh broker sudah bisa dipastikan adalah investasi index saham, dimana resiko dalam trading index itu sangatlah tinggi. Memang benar bahwa jika trading index berhasil taking profit keuntungan yang didapat bisa dalam waktu yang cepat bahkan dalam hitungan jam uang bisa berlipat ganda.

Salah satu jenis investasi yang aman dan menguntungkan lainnya adalah investasi asuransi pada semua jenis. Asuransi bisa dikategorikan sebagai investasi, sebab premi yang kita bayarkan suatu saat bisa kita tarik (sesui dengan aturan dan kesepakatan). Asuransi yang suatu saat nilai akumulasi preminya dapat di tarik adalah asuransi jiwa. Pada dasarnya asuransi jiwa dapat ditarik walaupun orang yang diasuransikan belum meninggal, hanya saja nilai uang yang dapat ditarik sudah pasti lebih kecil dari nilai klaim bila yang bersangkutan meninggal dunia.

Invetasi pada UKM (usaha kecil menengah) di daerah sekitar kita, juga dapat dikategorikan investasi yang aman dan menguntungkan. Untuk menginvestasikan dana pada ukm di daerah kita sebaikny lakukan terlebih dahulu riset pasar dan perkirakan pulang pokok sebuah usaha. Jika ide tidak juga kita dapatkan maka alternatif investasi yang cukup menguntungkan adalah investasi franchise, umumnya franchisors sudah melakukan riset pasar secara mendalam tentang produk mereka sehingga tingkat kerugian sudah sangat diminimalisir sedini mungkin.

Jenis franchise yang paling baik menurut saya adalah investasi franchise di bisnis makanan, sebab secara logika selama manusia masih ada di bumi maka selam itu juga makanan dapat dijual. Berbeda halnya jika anda memilih bisnis di bidang teknologi dimana suatu saat nanti teknologi tersebut akan digantikan oleh teknologi terbaru.

2 comments:

Post a Comment