Investasi Usaha Kecil Vs Modal Kecil


Investasi usaha kecil berbeda dengan investasi modal kecil, untuk memahami perbedaa sebaiknya perhatikan pengertian dari keduanya. Defenisi investasi usaha kecil adalah menanamkan sejumlah modal pada usaha skala kecil atau menengah. Pengertian investasi modal kecil adalah menanamkan modal dalam jumlah kecil baik itu pada UMKM ataupun di perusahaan besar.
peluang jadi investor

Dari defenisi tersebut jelas bahwa investasi usaha kecil tujuannya adalah untuk mengembangakn atau memperbanyak jumlah UMKM. sedangkan tujuan investasi dengan modal kecil kebanyakan adalah untuk coba-coba atau mengurangi resiko dalam berinvestasi. Tujuan ini memnag bermacam-macam namun secara umum tujuan investor pastilah profit (untung) yang besar. Satu prinsip harus dipahami dalam berinvestsi yakni besar keuntungan searah dengan besrnya resiko usaha. Semakin besar keuntungan maka sudah pasti resikonya juga akan semakin tinggi. Prinsip ini harus dipahami setiap kita yang ingin berinvestasi baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Siapa saja bisa melakukan investasi usaha kecil ini, baik itu ibu rumah tangga, seorang tamatan SMP atau para pengusaha mapan sekalipun terkadang gemar mengkoleksi UMKM ini. Namun jika kita ingin berinvestasi, satu tujuan utama investasi harus diingat yakni "bukan untuk bekerja" atau dengan kata lain tujuannya adalah utnuk membuka lapangan kerja bagi orang lain. Sebesar apapun modal yang akan kita investasikan ke UMKM niatkanlah bahwa kita bertujuan untuk membantu orang banyak.

Jangan pernah tanya kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi pada usaha kecil dengan modal sebesar apapun. Waktu yang tepat adalah "sekarang", ingatlah kita menanamkan modal untuk membantu sesama terutama pengusaha kecil yang kerap mengalami kekurangan modal usaha. Namun jangan pula membabi buta dalam memilih jenis usaha yang akan kita invest, dalam hal ini perhatikan beberapa jenis investasi yang menguntungkan dan bertahan lama berikut ini (diurutkan berdasarkan ketahanan usaha tersebut):

  1. UMKM bidang makanan dan minuman (banyak sekali waralaba yang butuh investor di jenis usaha ini)
  2. Bidang suplyare (penjualan)
  3. Sevis layanan, seperti loundry, barber shop, salon, spa, dan foto kopy.
  4. Investasi usaha bidang peternakan
  5. Investasi bidang pertanian

Bagaimana cara menentukan bidang yang cocok dengan karakteristik kita (fashion)? sebenarnya dalam investasi tidak terlalu dibutuhkan tentang fashion ini, sebab kita hanya menjadi seorang investor yang hanya menanamkan modal, sedangkan yang akan menjalankan usaha adalah pemilih wirausaha kecil tersebut. Jadi jika ada kesempatan untuk menjadi investor di bidang apapun dan jelas perhitungan laba/ ruginya lakukan saja dengan segera.

Tidak perlu penelitan khusus dalam mendapatkan peluang investasi usaha kecil ini, perbanyak saja bergaul dimanapun dan kapanpun. Dengan begitu akan banyak jenis usaha kecil yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk investasi baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Semoga artikel singkat ini memberi manfaat bagi kita semua.



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

No comments:

Post a Comment