Beda Asuransi Pendidikan Dan Tabungan Pendidikan


Share di pagi yang cerah ini kembali tentang asuransi. Kali ini terkait dengan tabungan pendidikan, dimana kedua produk tersebut kelihatannya sama, sering ditawarkan di tempat yang sama tapi memiliki perbedaan begitu nyata. Perbedaannya perlu dicermati secara seksama terutama terkait resiko dan peluangnya, agar tidak merasa tertipu apalagi terjebak dalam mengambil keputusan.
perbedaan tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan seyogyanya untuk masa depan anak namun banyak kita malah mengasumsikannya dalam investasi. Tujuan dasar investasi = profit, sedangkan tujuan asuransi pendidikan = jaminan biaya pendidikan anak. Saya setuju dengan pendapat yang mengatakan “agen asuransi itu cantik-cantik dan bermulut manis”, tapi hati-hati dengan apa yang mereka tawarkan, sebab sudah pasti yang mereka tawarkan itu adalh demi bonus mereka sebagai agen. Masa gara-gara agen asuransi yang cakep pendidikan anak dipertaruhkan.

Asuransi pendidikan yang sering ditawarkan adalah asuransi berbase unit link, intinya sih unit link itu sama dengan investasi lengkap dengan keuntungan dan resiko yang pasti dihadapi. Ya mbok namanya juga investasi, bisa untung besar… juga bisa bangkrut… hehe… Dalam unit link dana asuransi kita akan diinvestasikan, makanya setiap membeli asuransi banca lengkap-lengkap apa yang harus ditandatangani.

Iming-iming keuntungan asuransi pendidikan unit link pastinya akan begitu wah, tapi pernahkah kita kebayang akan resikonya. Tahukah kita bahwa dana asuransi tidak dijamin oleh LPS (lembaga penjamin simpanan)? Dalam iming-iming profit hingga 20 – 0% itu pernahkah kita kebayang resiko perusahaan asuransi mengalami pailid, investasi merugi dan sebagainya? Jika unit link investasi mereka merugi siapakah yang akan menjamin dana pendidikan buat anak di masa depan?

Tabungan pendidikan memiliki bunga yang tetap biasanya ditetapkan dengan jangka. Dengan adanya jangka penarikan itu Bank berani memberikan bunga yang lebih tinggi pada nasabah, oleh karena itu tabungan pendidikan memiliki bunga lebih tinggi dari tabunga biasa.

Sudah seharusnya kita tidak bertaruh akan pendidikan anak, apalagi tergiur akan keuntungan selangit. Tabungan pendidikan adalah produk perbankan yang sepenuhnya dijamin oleh LPS. Jika terjadi likuidasi atau bank merugi, nilai tabungan kita tidak akan berkuran dan tidak akan hilang, semua akan dijamin oleh pemerintah melalui LPS. Bunga tabungan memang tidaklah seberapa, tapi hampir tidak ada resiko didalamnya, berbeda dengan asuransi unit link.

Sering ada celetukan tabungan atau asuransi pendidikan sama saja, padahal keduanya sangat berbeda, satu produk perbankan yang satunya lagi non perbankan. Asuransi menawarkan keuntungan besar tabungan menawarkan keamanan dana pendidikan.

Sepertinya dengan penjelasan singkat seperti ini kita sudah dapat memilih apa yang tebaik bagi pendidikan anak. Jika kita ingin dana pendidikan berbasis investasi maka pilih Asuransi, jika kita ingin kepastian dan kenyamanan denga keuntungan kecil maka silahkan pilih tabunga pendidikan.

Itulah beda asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan, semoga mudah dipahami dan selamat memilih. Tambahan saran silahkan via komentar di blog ini.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+

No comments:

Post a Comment